Jump to content



Photo
- - - - -

Esmu Pamungkas: Pengantar

esmu pamungkas pusaka ilmu pengantar

  • Please log in to reply
No replies to this topic

#1 Endah Indryono

Endah Indryono

    Begawan

  • Pengasuh
  • 854 tulisan
  • LocationJakarta, Indonesia

Ditulis pada 09 Oktober 2013 - 18:35

Dipost pada 10/06/02 - 00:18 WIB

 

Esmu Pamungkas termasuk jenis ilmu "Komplit", karena dengan menguasai Esmu Pamungkas yang terdiri dari Pranayama, Pangracutan & Gendam, seseorang dapat dikatakan cukup sakti dan dapat menjadi tabib untuk penyembuhan.

Tetapi memang ilmu ini termasuk kelompok ilmu "halus", artinya ilmu ini hanya boleh dipergunakan ketika keadaan sudah sangat terdesak. Bila dipergunakan sebaliknya maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti Muntah Darah dsb.

Esmu Pamungkas merupakan ilmu langka yang keberadaanya hampir tidak ada lagi. Ilmu ini asli berasal dari tanah Jawa, dimana dasar ilmu ini biasa disebut dengan Kejawen.

 

Sedang kejawen sendiri timbul dari akibat tidak lengkap/tuntasnya para wali ketika itu, mengIslamkan sebagian masyarakat setempat. Dimana pendekatan para Wali dijaman itu adalah melalui akar kemasyarakatan seperti dengan adanya wayang kulit yang diciptakan oleh Sunan Kali Jogo, Tetabuhan Gendang; yang diciptakan oleh Sunan Bonang dsb. Dimana tujuannya waktu itu agar masyarakat tertarik agar masuk Islam.

 

Ritual dan tatacara untuk mendapatkan ilmu inipun masih berdasar pada ritual-ritual masyarakat setempat ketika itu, dimana faham kebatinan mereka adalah "PENGUASAAN DIRI" sebagai puncak kekuatan.

 

Sehingga upaya-upaya keras dalam melatih diri adalah kunci utama dalam meraih keberhasilan.

 

Dalam mengolah ilmu ini dibutuhkan kesabaran yang ekstra serta harus dapat menahan nafsu. Karena dipercaya oleh penerus ilmu ini, segala nafsu, termasuk nafsu syahwat dapat mengurangi atau menghabiskan energy murni yang ada dalam diri kita.

 

Bukan berarti kita dilarang melaksanakan kewajiban kita, tetapi kita harus dapat membatasi. Membiasakan membatasi kegiatan keduniawian akan mempercepat penguasaan ilmu.

 

Link asli: http://old.paranorma...cle.php?sid=132







Artikel terkait dengan tag: esmu pamungkas, pusaka ilmu, pengantar

0 pengunjung sedang membaca topik ini

0 member, 0 tamu, 0 anonymous


DMCA.com Protection Status