Jump to content



Photo
- - - - -

Punya banyak GURU ? Siapa Takut ?! (Bag. 1)


  • Please log in to reply
No replies to this topic

#1 Endah Indryono

Endah Indryono

    Begawan

  • Pengasuh
  • 854 tulisan
  • LocationJakarta, Indonesia

Ditulis pada 09 Oktober 2013 - 19:23

Dipost pada 30/12/03 - 12:23 WIB

 

Banyak sekali perguruan, maupun suatu majlis yang menurunkan ilmu2 hikmah sangat memetingkan nilai loyalitas hanya kepada mereka. Dengan doktrinasi yang kuat, akhirnya upaya mereka berhasil dengan baik, yang mengakibatkan banyak pengikutnya yang mati-matian membela mereka, bahkan ada yang berkesan kultuisme.


Bahkan dalam beberapa kasus, mereka; para guru dan ba'dal(pengikut setia)-nya, memberikan ultimatum secara halus sampai kasar, dari yang tidak ridhonya guru akan ilmu yang dipakai simurid, sampai memberikan laknat yang sangat keras kepada yang melanggar aturan loyalitas ini.

Dalam beberapa kasus, ada murid yang sampai ketakutan untuk menghindari silaturahmi dengan teman atau saudaranya yang bertentangan dengan ajaran yang mereka terima. 

Yang sadisnya dari efek doktrinasi ini adalah pada kasus yang saya sendiri pernah alami, yaitu ada beberapa orang yang pernah saya bimbing dalam ilmu hikmah yang bahkan ketakutan untuk menghubungi saya sekedar bermaafan dihari raya, karena ada perintah demikian dari gurunya sekarang. Masya Allah.

Allah, sebagai sumber pertolongan dan Maha Pemberi Azab
Orang-orang yang berpraktek/melakukan riyadoh spiritual yang menggunakan Islam sebagai landasan ilmunya, tentunya mengerti pada kalimat : "La hawla walaa quwata ilabilahil aliyyil azhim", Tidak ada daya dan kekuatan selain karena pertolongan Allah. Dimana pada konsep spiritual ini, kita selalu mengharap pertolongan dan keridhoan Allah SWT, atas setiap nafas kita. Dengan menyerahkan diri kita HANYA kepada Allah SWT. berarti kita mengharapkan pertolonganNya.

Sehingga sangatlah aneh, bila ada manusia takut sama manusia. Bila ada pemikiran demikian, berarti iman terhadap pertolongan hanya dari Allah, belumlah masuk keorang tersebut. Dan bilapun secara ilmu berhasil dengan adanya pembuktian, demonstrasi, atau terdapat hikmah dari praktek ilmunya, bisa dipastikan ilmunya bukan bersumber secara lurus dan langsung dari Allah SWT.

Sekali lagi, tidak mungkin, Allah yang Maha Memiliki Ilmu, akan menurunkan ilmu dengan ridhoNya, bilamana rasa takut tidak hanya kepadaNya.

Begitupun dengan pemberian azab, laknat dsb. apakah mungkin seseorang yang telah memiliki kedekatan dengan Allah akan mencederai saudaranya bahkan muridnya dengan laknat dsb tersebut? Rasanya prilaku tersebut hanya milik setan. Biasanya dari guru-guru yang saya temui, ketika saya mintakan pendapatnya mengenai murid yang durhaka hanya memberikan solusi yang intinya senantiasa memohon kepada Allah, agar muridnya yang durhaka dibukakan pintu hatinya dan seterusnya...

Dari kacamata ilmu sebagai wacana itu sendiri, membatasi keinginan seseorang untuk mendapatkan pengetahuan, bisa dikatakan melanggar hak asasi. Karena sesungguhnya tidak jadi guru, kalau tidak ada murid. Artinya derajat guru, sesungguhnya ditentukan oleh muridnya itu sendiri. Seorang murid yang terpuaskan secara ilmu dan spiritual tentunya akan loyal kepada guru tersebut, sedangkan bila simurid dengan nuraninya menemukan kekurangan atau rasa hausnya akan ilmu tidak terpenuhi, maka wajar saja bila ia berusaha mencari ditempat lainnya.

Dan dalam kenyataannya, semua guru-guru hikmah saya, selalu mengirim saya keguru lainnya, untuk melengkapi pengetahuan saya. Tidak ada satupun diantara mereka yang berusaha mendoktrinasi saya bahwa ilmunya yang paling hebat, paling betul dan paling benar. Justru dengan mereka mengirimkan saya kepada guru-guru yang lainnya, rasa hormat saya makin tinggi. Dan mereka senantiasa meninggikan guru lainnya tersebut yang akan menjadi referensi saya kemudian. Sehingga istilah santri kelana akhirnya melekat pada diri saya.

bersambung...

 

- Link asli: http://old.paranorma...cle.php?sid=164






0 pengunjung sedang membaca topik ini

0 member, 0 tamu, 0 anonymous


DMCA.com Protection Status